-
Jurnal Manajemen Sekolah
This study aims to assess the management of the school in SMAN 17 Bandar Lampung. The focus of research is on the curriculum management; management student; facilities and infrastructure; financial management; management relationship with the public school in SMAN 17 Bandar Lampung. This is a qualitative research design, with a single case study design in SMA 17 Bandar Lampung.
Berdasarkan kenyataan-kenyataan tersebut diatas, tentu saja perlu dilakukan upaya-upaya perbaikan, salah satunya adalah melakukan reorientasi penyelenggaraan pendidikan, yaitu dari manajemen peningkatan mutu berbasis pusat menuju manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah. PEMBINAAN PROFESIONALISME GURU DALAM KONTEKS MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Efektif. Jurnal Aplikasi Manajemen published by Universitas Brawijaya in coorporation with Indonesian.
Data was collected by interview, observation, and study documentation. Results showed (1) SMA Negeri 17 curriculums implemented still needs to be improved. (2) Management of student affairs is also going well, but that needs to be fixed yet orderly administration students. (3) Financial management run in accordance with the regulations set. (4) Management infrastructure has not done well, and (5) the relationship of the school with the community management done by working with people and companies (BUMN).
Penelitian ini bertujuan untuk menilai manajemen sekolah di SMAN 17 Bandar Lampung. Fokus penelitian adalah pada manajemen kurikulum, mahasiswa manajemen, sarana dan prasarana, manajemen keuangan, manajemen hubungan dengan sekolah umum di SMAN 17 Bandar Lampung. Ini adalah desain penelitian kualitatif, dengan desain studi kasus tunggal di SMA 17 Bandar Lampung. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) SMA Negeri 17 kurikulum diterapkan masih perlu ditingkatkan.
(2) Manajemen kemahasiswaan juga berjalan dengan baik, tapi yang perlu belum diperbaiki siswa tertib administrasi. (3) Manajemen keuangan dijalankan sesuai dengan peraturan yang ditetapkan. (4) infrastruktur Manajemen belum dilakukan dengan baik, dan (5) hubungan sekolah dengan masyarakat manajemen dilakukan dengan bekerja sama dengan orang-orang dan perusahaan (BUMN). Kata kunci: administrasi siswa, kurikulum, manajemen sekolah. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Diknas.
Engkoswara dan Aan Komariah, 2010, Administrasi Pndidikan. Bandung: Alfabeta. Hamalik, Omar. Pengembangan Kurikulum. Remaja Rosydakarya. Martinis Yamin dan Maisah. Manajemen Pembelajaran Kelas.
Jakarta: Gaung Persada Mulyasa E. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosda Karya. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosda Karya. Manajemen Sekolah.
Refika Aditama: Bandung. Manajemen Kurikulum. Jakarta: Rajawali pers. Metodelogi Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: CV Alfabeta. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Renika Cipta.
Usman, Husaini. Manajemen Teori Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
MANAGERIA: Jurnal manajemen Pendidikan Islam is a peer-reviewed scientific periodical journal published by the Department of Islamic Education Management the Faculty of Tarbiyah and Teaching Sciences, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. This journal is dedicated to publish scientific articles in the study of Islamic Education management from different aspects and perspectives. This journal is available in print with ISSN: 2502-9223, and online with ISSN: 2503-4383. It publishes its articles twice a year, in May and November.